Dalam membangun sumber daya manusia yang komprehensif diperlukan tiga modal penting, yaitu Competency, Agility, dan Capacity. Kapasitas menjadi pondasi utama dalam mendukung optimalisasi kompetensi (Skill dan Knowlegde), dan kesiapan menghadapi perubahan dengan lincah (agility). Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui pendekatan pelatihan baik inclass maupun outclass (outbond) dengan tetap memaksimalkan keaktifan para peserta dalam mengambil hikmah dari setiap project permainan yang diberikan.

Suatu program capacity building, atau yang cenderung mengarah pada program outbond tidak maksimal hasilnya atau bisa dikatakan gagal ketika para peserta hanya mendapatkan having fun nya semata, namun tidak ditanamkan nilai-nilai yang menyentuh sisi perasaan dan hati. Padahal perubahan kakarakter individu dimulai dari perubahan belief system (hal-hal yang diyakini di hatinya), yang kemudian mendorong nilai nilai terdalamnya (inner drive) untuk muncul ke permukaan menjadi perilaku keseharian.

Oleh karena itu, Membangun Kapasitas Sumber Daya Manusia melalui Capacity Building Program perlu melibatkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik yang berimbang melalui berbagai games yang menarik, dan sesuai temanya dengan kebutuhan organisasi

TESTIMONI

more information

Capacity Building