Budaya perusahaan (corporate culture) adalah keyakinan, nilai, kepercayaan, dan norma bersama yang menjadi ciri perusahaan dan diikuti oleh anggota perusahaan. Budaya perusahaan sangat penting karena membentuk sikap dan perilaku, budaya dapat menjadi energi menuju tujuan bersama.  Tidak hanya mendorong karyawan untuk bekerja keras dalam mencapai target, tetapi merasa senang melakukannya. Oleh karena itu, budaya mempengaruhi produktivitas dan kinerja, serta citra perusahaan. Untuk membangun budaya organisasi yang kuat, perlu dimulai dengan memastikan adanya visi, misi, dan nilai organisasi yang ditetapkan, lalu ditanamkan kepada seluruh karyawan, serta dijaga dengan kepemimpinan yang efektif dan dapat diteladani.

Budaya organisasi yang kuat akan membantu organisasi memberikan kepastian seluruh individu untuk terus berkembang bersama dan mempertahankan eksistensinya. Sedangkan budaya organisasi yang lemah akan berpengaruh negatif pada organisasi. Budaya lemah ini akan memberi arah yang salah kepada para pegawai hingga organisasi tidak efektif dan kompetitif.

Budaya Perusahaan harus mampu mendorong karyawan yang berada di Comfort Zone dan Safe Zone untuk berubah ke zona yang lebih tinggi, lebih maju, lebih nyaman, lebih aman dengan keberanian melakukan perubahan, yang dinamakan Convert Zone.

ROADMAP
Membangun Budaya Organisasi

5 Steps
Organizational Culture Strengthening

1.) LEADERS COMMITMENT

Pemimpin yang berkomitmen mendedikasikan dirinya untuk menangani kebutuhan tim dan organisasi untuk memajukan nilai dan tujuan organisasi.

2) CAMPAIGN & EVALUATION

Agenda perubahan yang dilakukan harus terus dikampanyekan melalui berbagai media komunikasi dan dievaluasi efektivitasnya melalui berbagai tools, seperti survei engagement karyawan dan kepuasan pelanggan, survei budaya organisasi, Leadership Assesment, dll.

3.) VALUES INTERNALIZATION

Visi, Misi, dan Nilai organisasi tidak cukup hanya dipahamkan melalui sosialisasi, namun harus di internalisasikan kepada seluruh karyawan agar menjadi perilaku yang membudaya.

4.) AGENT OF CHANGE DEVELOPMENT

Pembentukan dan pembekalan Agen Perubahan sangat penting dalam rangka memastikan agenda perubahan dapat berjalan dengan berkesinambungan dan konsisten.

5.) REDEFINING MISSION, VISION VALUES, MEANING

Mendefenisikan ulang atau memperbaharui visi, misi, nilai dan makna organisasi sesuai perkembangan zaman.

TESTIMONI

more information

Organizational Culture Strengthening

PT. NOFEL AKSI BANGUN INDONESIA

Prosperity Tower, 8th Floor – Kawasan District 8, SCBD LOT 13
Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53,Desa/Kelurahan Senayan, Kec. Kebayoran Baru,
Kota Adm. Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta
Phone: 081399921165